Banner 1
Banner 2
Banner 3
Banner 4
Home » Headline News
Monday, 21 November 2011

Peletakan Batu Pertama PLTG Senipah

PLN Wilayah Kaltim kembali akan mendapatkan tambahan daya yang cukup besar dari pembangunan pembangkit listrik tenaga gas yang akan dibangun di Samboja. Setelah melewati berbagai macam fase perencanaan dan perundingan yang cukup lama akhirnya peletakan batu pertama PLTG Senipah dapat terealisasi pada hari senin, 21 november 2011. Pembangkit yang dibangun didesa teluk pamedas kecamatan samboja ini sudah direncanakan sejak tahun 2005 namun baru bisa terealisasi tahun 2011 setelah melewati empat kali kepala daerah di Kaltim dan tiga kali pergantian dirut PLN.

Pembangunan pembangkit ini mengemuka karena pada tahun 2005 setelah Wilayah Kalimantan Timur terutama kutai kartanegara  dinyatakan krisis listrik oleh keputusan menteri ESDM. Oleh karena itu bupati kutai kartanegara pada saat itu Syaukani mencari investor untuk membangun pembangkit listrik di Kukar. Dari berbagai investor akhirnya PT Toba Sejahtera melalui direktur utamanya Ruhut Panjaitan menyatakan kesiapannya untuk menggarap proyek pembangkit listrik tenaga gas tersebut yang kemudian mendapatkan desa teluk pamedas sebagai tempat yang ideal untuk pembangunan PLTG Senipah.

Pembangkit yang berkapasitas 2×41 MW ini menggunakan mesin terbaru yang pertama kali digunakan di asia dan yang kedua di dunia setelah project kelistrikan di California. Pembangkit tersebut rencananya akan disalurkan melalui gardu induk manggar sari melewati sekitar 40 KM jaringan yang dibangun dari teluk pamedas ke gardu induk manggar sari. Pembangkit dengan model single cycle ini rencanannya akan di expand ke model combine cycle untuk memperoleh kapasitas listrik yang lebih besar yang diperkirakan mencapai 250 MW.

Pada acara peletekan batu pertama PLTG Senipah hadir sekaligus Memberikan sambutan Gubernur Kaltim Awang Farouk, Bupati Kutai kartanegara Rita Widyasari, Direktur Operasi Indonesia Timur PLN Vickner Sinaga, Dirut PT Toba Sejahtera dan berbagai kalangan yang berhubungan dengan pembangunan PLTG Senipah. Dalam sambutannya Direktur Operasi Indonesia Timur Vicner Sinaga menyampaikan bahwa PLN sangat terbantu dengan hadirnya teman-teman dari pihak swasta yang membantu kerja PLN dalam menyelesaikan masalah kelistrikan terutama di Indonesia Timur. Karena hampir separuh kekuatan listrik PLN dikelola oleh pihak swasta. Oleh karena itu peletakan batu pertama PLTG Senipah sangat membantu kerja PLN untuk mengatasi masalah kelistrikan di Indonesia timur khususnya PLN Wilayah Kaltim.

Vicner pun berharap bisa terus menjaga kerjasama dan tali silaturahmi dengan pihak swasta yang berkecimpung di dunia kelistrikan agar selalu harmonis bersama-sama melistriki Indonesia. Vicner juga menyampaikan agar pihak Toba Sejahtera selaku pengelola PLTG Senipah berhati-hati dalam mengelola pembangkit yang menggunakan mesin terbaru seperti yang diaplikasikan pada PLTG senipah karena mesin inovasi terbaru butuh pengawasan khusus dan cenderung sensitive dalam penggunaannya.

Acara peletakan batu diakhiri dengan peletakan batu pertama oleh gubernur Kaltim awang farouk, bersama dengan bupati kutai kertanegara Rita Widiasari, Dirut PT Toba Luhut Panjaitan dan Diropit PLN Vickner Sinaga.

 

sumber: www.pln.co.id

 


Headline News List:


Pages:  1


Contact Us

picture Wisma Bakrie 2, 17th Floor
Jl. H.R. Rasuna Said Kav. B-2
(p) +62 21 5794 5752 (f) +62 21 5794 5750
Jakarta Selatan-Indonesia



Read More

Copyright 2012 - PT. Kartanegara Energi Perkasa, all rights reserved

Wisma Bakrie 2 Lt. 17
Jl. HR. Rasuna Said Kav. B-2
Jakarta Selatan - 12920 DKI Jakarta
(p) +62 21 5794 5752 (f) +62 21 5794 5750